Website Gunadarma

Senin, 20 Juni 2011

Manusia dan Kegelisahan

Definisi Kegelisahan
Kegelisahan atau gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, dan cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati dan juga perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Setiap manusia pasti pernah mengalami kegelisahan, hal tersebut dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam mengekspresikan dirinya dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Karena itu dalam pengertian sehari-hari kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekhawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.

Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan(obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.

A) Kecemasan kenyataan ( objektif )
adalah suatu hal yang terjadi pada setiap kehidupan seseorang yang membuat orang tersebut merasa ketakutan karenanya. sebagai contohnya, ketika seorang wanita berjalan disuatu tempat yang sepi dimalam hari. Maka ia akan merasa cemas atau takut, atas hal yang dipikirkanya. Akibat pengalaman yang telah diketahui sebelumnya.

B) Kecemasan Neoritis
timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, takut akan hal yang dibayangaknnya. kegelisahan ini akan membuat seseorang menjadi gelisah akan suatu hal yang buruk yang sedang di bayangkannya akan menjadi sebuah kenyataan.

C) Kecemasan moril
kecemasan moril disebabkan oleh pribadi seseorang. tiap pribadi memiliki berbagai macam emosi seperti: iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, rasa kurang, cinta.
Sikap seperti itu sering membuat orang merasa kwatir, cemas, takutgelisah dan putus asa.Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman
dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.

Kesimpulan dan Saran
Manusia memiliki berbagai keterbatasan dan dalam keterbatasan itu yang terpenting bagaimana cara manusia untuk menyelesaikan berbagai masalah yang telah dihadapinya. Terutama rasa takut atau kegelisahannya. Dalam pengertian sehari-hari kegelisahan dapat diartikan rasa takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain. mengatasi kegelisahan ini peratama-tama harus mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, yaitu kita harus bersikap tenang. dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga kesulitan dapat kita atasi. sedangkan cara yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar