Website Gunadarma

Minggu, 06 Oktober 2013

Bahasa Sebagai Alat Pencari Kerja

Berbahasa yang baik dan benar tidak selalu berarti kaku atau formal sehingga kita lebih senang memilih bahasa gaul dari bahasa Indonesia. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memperbaiki dan memperdalam yaitu salah satunya sebagai alat pencari pekerjaan. Bisa dibayangkan betapa sulitnya bila dua orang yang ingin berkomunikasi namun tidak mengerti bahasa satu sama lain. Misal saat interview entah itu untuk keperluan penelitian, beasiswa, ataupun pekerjaan kita menggunakan bahasa Indonesia akan terdengar lebih baik dan sopan dibanding jika kita menggunakan bahasa daerah.

Melalui uji interview, perusahaan akan melakukan pencocokan atas data-data dan informasi yang dikirim melalui surat lamaran pekerjaan. Di tahap ini, perusahaan akan menguji kecakapan calon karyawan melalui berbagai pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan. Dalam interview tunjukanlah bahasa tubuh dan tutur bahasa yang baik. Bahasa tubuh yang dimaksud yaitu dengan mengindari sikap tubuh yang kurang baik, seperti duduk bungkuk, tangan menggenggam dudukan kursi, garuk-garuk kepala, tampak tegang, atau bahkan menguap. Sebaiknya anda harus tampil segar, ramah, duduk tegak dan santai tidak perlu gugup.

Lingkup kerja sangat berbeda dengan dunia remaja sehari-hari. Perusahaan akan mencari bibit-bibit anak bangsa yang mempunyai wawasan luas, mempunyai attitude yang baik. Melalui generasi seperti itulah yang akan dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional karena perusahaan tentunya akan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain.  Oleh karena itu, kita sebagai calon pelamar pekerjaan dituntut untuk menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar