Pengertian
E-Commerce
Electronic
Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan
produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Jadi
e-commerce merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is
a part of e-business”.
Pada website ECARM (The Society
For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwa e-commerce secara
umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas –aktifitas
perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan
dan transmisi data dijital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual
(OECD, 1997).
KEUNTUNGAN E-COMMERCE
Keuntungan e-commerce
bagi konsumen:
- Keuntungan yang terbesar bagi konsumen adalah melakukan bisnis secara online dengan mudah. Seorang pembeli diinternet dapat menggunakan computer pribadinya pagi atau malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hamper semua barang. Seorang konsumen tidak perlu mengantri ditoko atau bahkan meninggalkan rumahnya.
- Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini lebih mudah. Beberapa took online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya diserver mereka, sehingga informasi yang dibutuhkanhanya dimasukkan sekali saja. Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya kepelanggan melalui pos, khususnya yang menjual software komputer. Sebagai contoh: beyon.com mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang dibelinya langsung ke komputer mereka.
- Pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online, seperti etrade.com membebankan biaya hanya sekitar $ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.
Keuntungan
e-commerce bagi bisnis:
- Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
- e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Secara ringkas keuntungan e-commerce
tersebut adalah sebagai berikut:
- Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
- Bagi Pengelolabisnis: efisiensi, tanpakesalahan, tepatwaktu
- BagiManajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Karakteristik
E-Commerce
Berbeda
dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa
karakteristik yang sangat khusus, yaitu :
- Transaksi tanpa batas
- Transaksi anonim
- Produk digital dan non digital
- Produk barang tak berwujud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar