Website Gunadarma

Senin, 12 Maret 2012

Pengenalan Web Science

Kali ini kita akan membahas sebuah materi yaitu Web Science. Apakah kalian pernah mendengar kata itu? Pertama-tama kita harus mengetahui apa yang dimaksud web itu. Web merupakan salah satu alat komunikasi online yang menggunakan media internet dalam pendistribusiannya. Halaman web layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersial maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.
Setelah mengetahui web itu apa. Maka yang disebut Web Semantic adalah pengembangan dari World Wide Web, dimana informasi di web didefenisikan sehingga mesin memprosesnya lebih lanjut untuk disesuaikan dengan maksud user. Tujuan dari web semantic ini agar hubungan antara user dan computer berjalan lebih harmonis, dan user friendly tentunya.

Web Science tercipta di latar belakangi oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Dalam setiap generasi selalu ada perkembangan mulai dari generasi Web 1.0 yang masih bersifat Read Only atau hanya bisa dibaca, lalu Web 2.0 yang menambah sifat Write selain kita bisa membaca sekarang kita bisa menulis dan dari sinilah peran sosial mulai berjalan contohnya Wikipedia dan Blog-blog. 

Web 3.0 merupakan penyempurnaan dari Web 2.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin selain itu Web 3.0 juga menambahkan Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Melihat perkembangan dari gerakan beberapa ilmuwan selama 3 tahun terakhir mengenai Web Science, workshop mereka di awal tahun ini, dan konferensi pertama Web Science di Athena, Yunani Maret 2009 yang dapat dilihat kristalisasinya dalam 3-4 tahun ke depan apakah semantic atau web 3.0 akan melahirkan studi tersendiri atau web science berhasil mengadopsinya sebagai bagian dari kajian mereka.
Dalam web science ini terdapat sebuah istilah Ontology. Apa itu Ontology? Ontology adalah representasi dari XML, RDF dan URI. OWL ini bisa mengatakan berapa jumlah kardinalitasnya. OWL juga bisa melakukan restriction, misalnya A dan B adalah bersaudara, kemudian B memiliki anak bernama C, maka dengan OWL ini akan bisa diketahui bahwa A adalah “uncle” dari C. Akan tetapi untuk mencantumkan semua data-data tersebut tetap membutuhkan URI. Hal demikian inilah yang mampu membuat mesin berfikir, karena mesin itu merupakan sebuah metadata, yang bisa ngecrack kemana saja.

Manfaat utama dari web semantic ialah kita selaku user tidak perlu terlalu bersusah payah menyampaikan maksudnya ke mesin. Web akan berusaha mencari sendiri apa yang di maksud oleh user, sehingga seakan-akan computer tersebun memiliki otak sendiri yang dapat berkomunikasi dan mengetahui maksud dari user. Web semantic ini sering pula dikaitkan dengan system pakar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar